Kode Etik IEEE

28 10 2008

Pengen sdikit nostalgia niy sama tugas yang pernah dikasih dulu pas mata kuliah KonTek pas tingkat 1…jangan ngaku mahasiswa elektro kalo blom pernah minimal ngebaca Kode Etik IEEE….pengen tau??…baca aja nih rinciannya.. :

KODE ETIK IEEE

Kami, anggota IEEE, dalam pengenalan akan pentingnya teknologi kami dalam mempengaruhi kualitas kehidupan di seluruh dunia dan dalam penerimaan kewajiban kami pada profesi kami, anggota-anggotanya dan masyarakat yang kami layani, dengan ini kami menyatakan diri terikat pada perilaku etis dan profesional tertinggi dan setuju:

  1. menerima tanggung jawab dalam pengambilan keputusan engineering yang taat asas pada keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan publik, dan segera menyatakan secara terbuka faktor-faktor yang dapat membahayakan publik atau lingkungan;
  2. menghindari konflik interes nyata atau yang terperkirakan sedapat mungkin, dam membukakannya pada para pihak yang terpengaruh ketika muncul;
  3. akan jujur dan realistis dalam menyatakan klaim atau perkiraan menurut data yang tersedia;
  4. menolak sogokan dalam segala bentuknya;
  5. mengembangkan pemahaman teknologi, aplikasi yang sesuai, dan kemungkinan konsekuensinya;
  6. menjaga dan mengembangkan kompetensi teknis dan mengambil tugas teknologi yang lain hanya bila memiliki kualifikasi melalui pelatihan atau pengalaman, atau setelah menyatakan secara terbuka keterbatasan relevansi kami;
  7. mencari, menerima, dan menawarkan kritik, pekerjaan teknis, mengakui dan memperbaiki kesalahan, dan menghargai selayaknya kontribusi orang lain;
  8. memperlakukan dengan adil semua orang tanpa bergantung pada faktor-faktor seperti ras, agama, jenis kelamin, keterbatasan fisik, umur dan asal kebangsaan;
  9. berupaya menghindari kecelakaan pada orang lain, milik reputasi, atau pekerjaan dengan tindakan salah atau maksud jahat;
  10. membantu rekan sejawat dan rekan sekerja dalam pengembangan profesi mereka dan mendukung mereka dalam mengikuti kode etik ini.

Actions

Information

3 responses

30 10 2008
Andri Haryono

jadi aku dah boleh ngaku anak elektro ya sekarang??

baru baca juga nih..
wah2, ga nyangka kalo anak EL ada kode etiknya juga..
kayak dokter aja ya

tapi walaupun aku jarang denger kode etik gini, aku ga perbah denger ada sarjana EL yang ditangkap karena melakukan perbuatan yang melanggar kode etik ini..
ga kayak ‘profesi’ yang sering banget mem-booming kan kode etik mereka, tapi banyak kasus yang menyebabkan orang mati atau menderita karena kesalahan mereka..
padahal ‘profesi’ mereka penting dan merupakan pengayom
bisa dibilang profesi favorit se-Indonesia

semoga Indonesia menjadi semakin baik

bilt4blog.wordpress.com

30 03 2012
Tugas Etika & Profesionalisme TSI Kode Etik IEEE | I Love My Google

[…] dalam pengembangan profesi mereka dan mendukung mereka dalam mengikuti kode etik ini. Sumber: Sini Like this:LikeBe the first to like this post. This entry was posted in Artikel Lainnya, […]

30 03 2012
≡|Kamouflase|≡ | ≡|Agung Ferdianto|≡

wah gan info berguna nih bagi ane yang masih kuliah…
ijin copas ke blog ane gan, mampir yah😀

http://ilovemygoogle.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: