Sejarah Lahirnya Radio Kampus ITB

7 11 2008

Eksistensi Radio Kampus ITB berawal dari angan-angan bahwa suatu saat ITB bisa memiliki sebuah media informasi yang sanggup menghubungkan elemen-elemen Civitas Academica ITB dan menjembatani dunia kampus dengan lingkungan sekitarnya. Angan-angan ini muncul berdasarkan pengamatan bahwa saat ini ITB tidak memiliki media Informasi yang membumi di Civitas Academica ITB. Dan dengan berbagai pertimbangan, dipilihlah media Informasi berupa radio dan dinamakan Radio Kampus ITB.

Itulah awal munculnya ide untuk mengembangkan sebuah media informasi yang multiguna. Kemudian atas prakarsa beberapa teman di KM ITB dan HME ITB, pada akhir tahun 1998 dibentuklah tim perintis yang bertugas untuk menyiapkan konsepsi dan sekaligus mengimplementasikan gagasan ini. Keanggotaannya terus berkembang, dengan coba melibatkan beberapa pihak yang dinilai cukup kruisial dalam proses pembangunan ini. Proses sosialisai pun coba dijalankan ke seluruh lembaga-lembaga kemahasiswaan di kampus, untuk mencoba mencari dukungan terhadap ide ini.

Proses pengumpulan data (informasi), studi banding, dll terus dilakukan untuk terus menghasilkan perencanaan yang matang untuk pembangunan ini. Lobby dan proses negosiasi pun terus dilakukan terhadap pimpinan kampus, dan pihak-pihak terkait seperti para alumni Radio ITB tempo doeloe ( Alumni 8 EH tahun 60-80 an). Dan rupanya para alumni 8 EH ini sendiri pun, ada keinginan untuk kembali membangun radio mereka yang terakhir harus dibubarkan pada tahun 1981. Puncak lobby dan negosiasi terhadap para alumni dan pimpinan kampus ini terjadi pada 14-15 Agustus 1999, pada acara “Temu Alumn Radio 8EH”, di Aula Barat ITB, yang secara terbuka dan dengan I’tikad baik, para perintis Radio Kampus ITB ( dari Mahasiswa ) coba memberikan pandangannya terhadap konsepsi ideal sebuah Radio Kampus dan sekaligus mengajak kerja sama dalam rangka realisasi pembangunan radio di Kampus ITB. Proses pembicaraan antar tim perintis ( dari mahasiswa ) dengan para alumni 8EH ini, terus dilakukan sampai pada akhir tahun 1999. Dari hasil proses pembicaraan ini, tidak tecapai kesamaan visi antara tim perintis ini (KM ITB dan HME ITB), sehingga akhirnya kedua belah pihak ini mendirikan masing-masing versi Radio Kampus-nya. Para alumni 8EH sendiri dengan dukungan LAPI ITB berhasil melakukan siaran perdana di frekuensi 100,00 MHz pada tanggal 1 Januari 2000.

Berangkat dengan segala keterbatasannya, tim perintis ini coba melakukan langkah pertamanya dengan memulai melakukan siaran perdana melalui media internet pada tanggal 8 November 1999 dengan menggunakan fasilitas yang terdapt di HME ITB. Dukungan penuh diberikanoleh HME untuk kegiatan ini. Sayang sekali karena belum adanya pemancar analog yang baik, kami belum sanggup untuk melakukan siaran on air secara kontinu. Namun dengan usaha yang cukup panjang, kami berhasil memperbaiki pemancar kami, sehingga kami dapat ditangkap di 96.5 FM Bandung khusus untuk kawasan ITB dan sekitarnya serta Radio On Canteen. Saat ini, selain program radio on canteen, kami dapat bersiaran melalui media internet dengan sasaran mahasiswa-mahasiswa di dalam kampus, yang sedang menggunakan komputer yang terkoneksi di backbone kampus.

Kini, Radio Kampus ITB sudah genap berusia 9 tahun….sudah banyak perkembangan yang terjadi di dalam tubuh RK..baik itu positif maupun negatif…RK sekarang mengudara di 107.7 FM, dengan pengembangan siaran on-air via gelombang frekuensi 107.7 FM serta streaming on-line via official website RK (http://radiokampus.ee.itb.ac.id)…Sekarang RK bermarkas di gedung eks UPT olahraga, dan juga sedang dalam proses pendidikan untuk Cakru angkatan 2007/2008…Semoga dengan proses kaderisasi ini RK dapat senantiasa menjaga regenerasi kru antar angkatan, sehingga Radio Kampus ITB dapat tetap eksis di lingkungan kampus dan menjadi media partner yang dekat dengan teman-teman mahasiswa…

Viva Radio Kampus ITB…

Mencoba Berpikir, Belajar dan Berbuat..


Actions

Information

5 responses

26 11 2008
Ayuning Mazasupa

Salam kenal!

Aku mahasiswa STIS Jakarta (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
Pengen banyak nanya tentang radio kampus. sekaligus minta berbagi pengalaman mulai usaha pendirian radio kampus pek pengelolaannya. Rencanaku mo bikin radio kampus di STIS. Thanx b4.

btw, theme qt sama tuh!

10 12 2008
Habibie

Bagi pengalaman tentang radio kampus dunz….
gw juga mo ngajuin proposal buat ngadain radio kampuz…….
gw dr politeknik telkom, secara kan kampus gw emang msh baru!!!! ————-dayeuhkolot-bandung————-

9 11 2009
10 Tahun Radio Kampus ITB 107,7 FM « My Story

[…] sini dapat kita lihat bagaimana perkembangan Radio Kampus ITB dari tahun ke tahun. Sempat mengudara di […]

11 06 2010
Endy

Great post.. thanks for share..😀

Please visit my blog:
http://satyap06.student.ipb.ac.id/

14 09 2012
andri

maju terus RK ITB. andri SR 00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: