Stop Plagiat

22 04 2010

Plagiarisme“, “plagiat“, “penjiplakan” dalam beberapa bulan terakhir istilah ini menjadi populer di telinga kita semua, menyaingi popularitas istilah-istilah perekonomian dan mafia kasus yang cukup marak dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa kasus plagiarisme yang cukup menghebohkan dunia pendidikan Indonesia diawali oleh kasus yang menimpa seorang guru besar di universitas swasta di Bandung Utara. Bahkan hal ini diikuti dengan pencopotan yang bersangkutan dari posisinya. Dan terakhir juga yang cukup menghebohkan adalah kasus serupa yang menyeret nama-nama besar dari sebuah institut berstatus BHMN di kota Bandung. Kasus yang ternyata disebabkan oleh mahasiswa S3 yang berada di bawah bimbingan ketiga dosen yang cukup senior ini.

Postingan ini tidak bermaksud untuk membahas detail plagiarisme yang terjadi belakangan ini, ataupun siapa-siapa saja oknum yang terlibat di dalamnya. Sudah cukup banyak media yang membahas hal tersebut, jadi rasanya lebih berguna kalau dalam postingan ini membahas mengenai bagaimana cara menyetop praktek plagiarisme ini.

Mengutip omongan salah seorang dosen saya di kelas, beliau mengatakan bahwa, “Memang, kita ini masih negara berkembang, cukup normal lah kalau kita masih menyadur atau mengutip, nah sekarang tinggal gimana kita yang pintar untuk menyadur atau mengutipnya, harus tahu bagaimana caranya yang benar.” Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengutip yang benar dan tidak melanggar peraturan. Bagaimana bisa kita menghentikan plagiarisme bila kita juga tidak mengetahui bagaimana yang seharusnya?…

Menurut Felicia Utorodewo, dkk, dalam bukunya “Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah“, yang digolongkan sebagai tindakan plagiarisme adalah sebagai berikut :

  • Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri,
  • Mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri
  • Mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri
  • Mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,
  • Menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan asal-usulnya
  • Meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan
  • Meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dengan sumbernya.

Sementara hal-hal berikut ini yang tidak tergolong dalam praktek plagiarisme :

  • menggunakan informasi yang berupa fakta umum.
  • menuliskan kembali (dengan mengubah kalimat atau parafrase) opini orang lain dengan memberikan sumber jelas.
  • mengutip secukupnya tulisan orang lain dengan memberikan tanda batas jelas bagian kutipan dan menuliskan sumbernya.

Apa kira-kira yang bisa terjadi pada diri kita bila kita menjadi seorang plagiator? Berikut ini konsekuensi yang biasanya harus ditanggung oleh seorang plagiator, yang biasanya terjadi di lingkup dunia akademik :

  • Dikucilkan dari dunia akademik.
  • Diberi sanksi akademis.
  • Dikeluarkan dari institusi.
  • Bahkan bila melanggar hak cipta seseorang, kita juga bisa saja dituntut secara pidana.

So, udah kebayang kan gimana-gimana aja efek dari plagiarisme??…jadi marilah kita stop budaya plagiarisme yang marak terjadi di dunia akademik. Toh, tidak menjadi plagiator bukan berarti kita harus mengetahui segala hal dan tidak boleh melihat karya orang lain. Bagaimana pun kita membutuhkan pembelajaran agar bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Nah, kalau memang kita membutuhkan referensi dari karya orang lain, marilah kita ikuti cara-cara yang tepat. Ayo kita mulai dari diri kita sendiri. Hindari plagiarisme, karena kejujuran tetap merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan ini.

Stop plagiarisme, senantiasa berkarya.


Actions

Information

One response

22 04 2010
Andri Haryono

kalo buat lomba shell kan cm ada 2 orang
yo gmn ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: