Kasus Rasisme Mahasiswa ITB

19 05 2010

Hari Selasa, 18 Mei 2010, siang, saya dan rekan-rekan sedang berjalan dari Studio Siaran Radio Kampus ITB menuju Jalan Gelap Nyawang, untuk makan siang. Kami berjalan melewati Gerbang Ganesha ITB. Dari kejauhan kami melihat ada mobil ambulance, pemadam kebakaran serta truk-truk polisi bersiaga di sekitar gerbang. Kami pun bertanya-tanya ada apa gerangan di Gerbang Ganesha ITB. Sedikit menambah tempo berjalan, kami bergegas menuju depan gerbang. Di jalan saya bertemu seorang teman petugas parkir, saya bertanya ada apa di depan, bapak itu menjawab, “Iya tuh, ada demo, tentang bola katanya.”. Spontan saya dan teman-teman bingung, kok ada demo tentang sepakbola di depan gerbang ITB??

Setiba di gerbang depan saya melihat tidak kurang dari 100 orang pengunjukrasa dari kelompok Masyarakat Papua Anti Rasialis yang membawa berbagai macam tulisan. Saya penasaran ada apa sebenarnya ini. Setelah mencari-cari informasi ternyata diketahui bahwa seorang mahasiswa S1 ITB, Dzulfikri  Imadul Bilad (Zul) telah melakukan tindakan yang dianggap sebagai penghinaan rasis setelah menonton pertandingan Persib Bandung Vs Persipura Jayapura.

Berikut ini saya ingin meluruskan informasi yang baru saja dirilis oleh teman-teman dari Keluarga Mahasiswa ITB mengenai kronologis peristiwa tersebut.

Tanggal 2 Mei 2010

Bermula dari Pertandingan Persib vs Persipura pada hari Minggu (2 Mei 2010). Setelah selesai menonton pertandingan bersama teman-teman sepermainan di  rumahnya, Dzulfikri  Imadul Bilad (Zul) menulis status di situs jaringan sosial Facebook pukul 21.00 yang mengandung diskriminasi ras. Satu jam kemudian (pukul 22.00) sudah banyak komentar di Facebook yang mengingatkan Zul untuk menghapus status tersebut. Tapi berhubung penulisan status menggunakan fasilitas internet di telepon seluler, Zul tidak dapat  menghapus statusnya pada saat itu juga .

Tanggal  3 mei 2010

Sudah sangat banyak comment di facebook pada saat itu dan diperkirakan status tersebut langsung di-printscreen sehingga berita tersebut langsung tersebar luas sampai ke saudara kita di  Papua. Pada saat itu juga Zul langsung me-remove statusnya dan menggantinya dengan ucapan permintaan maaf. Namun permintaan maaf yang diberikan masih dipandang kurang serius oleh beberapa orang yang mengcounter status Facebook Zul.

Tanggal 4 mei 2010

Salah seorang mahasiswa S3 ITB yang berasal dari Papua  pada akhirnya mencoba bertindak sebagai mediator pada kasus ini setelah mengetahui  status tersebut pada pukul 19.00. Beliau mendapatkan informasi tersebut langsung dari masyarakat Papua di Jayapura.

Ketika mengetahui status tersebut, yang dilakukannya kemudian adalah:

  • Menenangkan kondisi via Facebook dengan statement di Facebook sendiri
  • Mencari  Zul  melalui informasi dari orang Papua (NIM, no Hp, nama, prodi)
  • Mengakses Facebook  Zul, lalu membuat statement untuk mengajak bertemu dengan memberikan nomor HP. Namun pada saat itu Zul tidak membalas via facebook.

Tanggal 5 Mei 2010

  • Mediator mengirimkan SMS tanggal pada  pagi hari kepada Zul  untuk mengadakan pertemuan pukul 11.00 di labtek XI
  • Mediator bertemu Zul di labtek XI bersama 6 orang kawan seangkatan dari program studi
  • Mediator mengajak Zul  untuk menemui Pak Brian (kepala Lembaga Kemahasiswaan)
  • Pak Brian selaku dari pihak Lembaga Kemahasiswaan dan masyarakat Papua bertemu untuk saling dengar pendapat. saat pertemuan itu memang terjadi permintaan keras dari masyarakat Papua agar Zul mendapatkan sanksi berupa Drop Out

Tanggal 6-17 Mei 2010

  • Proses pencarian data dan penyelidikan dilakukan oleh Komisi Disipilin Penegakan Norma Akademis ITB dalam rangka melengkapi bukti-bukti persidangan
  • Proses mediasi tetap dilakukan oleh pihak ITB

Tanggal 18 Mei 2010

  • Terjadi aksi massa oleh Masyarakat Papua Anti Rasialis di gerbang  depan ITB pada sekitar pukul  13.00 dengan jumlah massa sekitar 100 orang. Aksi tersebut dijaga oleh pihak kepolisian dan keamanan ITB.
  • Informasi terkait kasus ini menjadi semakin marak di media elektronik.
  • Proses persidangan dijalankan di Gedung Annex pada pukul 14.00 dan menghasilkan rekomendasi keputusan : skorsing 3 semester + kerja keprofesian + kerja sosial + bimbingan konseling

˜Informasi dari Biro Kominfo Kabinet KM ITB 2010-2011˜

======================================================

Mungkin semakin marak informasi ini di media massa. Oleh karena itu, saya sebagai mahasiswa S1 ITB juga berniat untuk meluruskan mungkin ada beberapa informasi yang kurang sesuai dengan fakta di lapangan. Semoga dengan pelurusan informasi ini semakin membawa kita semua ke arah solusi bersama dan tidak semakin dipanas-panasi oleh informasi-informasi yang kurang sesuai.

Mari kita berkolaborasi bersama. Jadikan perbedaan sebagai kekayaan kita.


Actions

Information

5 responses

19 05 2010
Yudhistira

Parah amet begitu doang terancam kena hukuman “skorsing 3 semester + kerja keprofesian + kerja sosial + bimbingan konseling”

Padahal kan waktu itu si zul itu berlaku bukan sebagai mahasiswa itb, tapi sebagai pendukung Persib Bandung.

Aneh.

19 05 2010
sangpenghibur

Wah jadi ngeri mo nulis status di facebook..btw Nice post gan!!

19 05 2010
Facebook Marketing

Facebook Marketing…

That was a wonderful read loved the post thanks for sharing !…

19 05 2010
Marketing On The Internet

Marketing On The Internet…

This was some very helpfull information thanks for the great share !…

21 07 2010
ahmad

Saya rasa memberi skorsing bukan suatu kesalahan, untuk menghasilkan efek jera buat zul. Pernyataan zul tentang orang papua sangat tidak etis dan terlalu menyakiti warga papua. Saya sebagai alumni ITB sendiri sangat menyayangkan ada mahasiswa ITB seperti itu, dan terlepas dari persoalan ini semua. Sebenarnya sudah sering saya dengar tentang kurangnya rasa hormat yang dimiliki generasi muda ITB belakangan ini. Kesombongan status sebagai mahasiswa ITB terlalu dibesar-besarkan. Saya anjurkan untuk kalian, Keluarlah! Hadapi Dunia! Rasakan kekerdilan kalian dihadapan dunia! Kalian bukan apa-apa dibanding mereka..janganlah ada kasus2 lagi mengatasnamakan ITB, sangat mencoreng alumni dan ITB!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: