Dua Wajah Mahasiswa – Arogansi dan Inovasi

6 08 2010

Teringat sekitar 4 tahun lalu, saya dan sebagian besar rekan-rekan seperjuangan saat ini sedang menghadapi momen SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Momen dua hari yang akan menentukan masa depan akademik saya. Bila disadari, bukan hanya kegiatan akademis saya saja yang berubah, namun juga aktivitas sosial dengan lingkungan. Peralihan dari seorang siswa SMU menjadi mahasiswa.

Menyambut pengumuman hasil SPMB di bulan Agustus, sungguh bahagia dengan hasil yang diperoleh, saya diterima di kampus impian saya, Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebuah mimpi yang berangkat dari masa lalu bapak yang juga berasal dari kampus gajah tersebut. Ditambah dengan prestise dari kampus ini. Tidak dapat dipungkiri, kebanggaan ini menjadi salah satu dominasi minat saya memilih kampus ini.

Menjadi seorang mahasiswa, lalu apa?…menanggalkan seragam putih-abuabu, lalu apa?…Sekarang tanpa terasa sudah 4 tahun perjalanan hidup diwarnai dengan nuansa kemahasiswaan, bukan lagi seorang pelajar berseragam putih-abuabu.

4 tahun berada dalam lingkungan mahasiswa cap gajah yang sangat bangga dengan embel-embel “mahasiswa terbaik bangsa”. Memang tidak bisa dipungkiri adalah suatu kebanggan untuk dapat lolos seleksi yang ketat menuju kampus Ganesha ini. Tidak sedikit prestasi yang ditorehkan oleh rekan-rekan mahasiswa yang selalu bangga dengan “Salam Bakti untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater” ini. Berbagai prestasi mulai dari tingkat kampus, regional, nasional, hingga internasional banyak ditorehkan oleh tidak sedikit elemen civitas akademika, meskipun tidak jarang apresiasi yang diberikan pihak kampus kurang sebanding.

Namun, bila melihat lebih jauh lagi, ternyata jauh lebih banyak mahasiswa yang terjebak dalam kebanggaan dan arogansi sebagai mahasiswa ITB. Begitu nyamannya dengan eksistensi sebagai mahasiswa dari kampus yang disegani banyak pihak. Terjebak dalam kungkungan yang bila disadari seringkali mengekang kreativitas dan aliran inovasi dari kampus yang membanggakan sosok dewa ilmu pengetahuan, Ganesha, ini.

Arogansi dan inovasi. Mengapa dua kata ini harus menjadi suatu hal yang berlawanan? Banyak rakyat di luar sana yang menantikan inovasi-inovasi kita, mahasiswa ITB, untuk memperbaiki kualitas kehidupan mereka. Sampai kapan kita mau menyamankan diri hingga menutup potensi yang kita miliki dengan arogansi hanya oleh prestise semu. Apa artinya kita menjadi mahasiswa di kampus terbaik bangsa ini bila setelah 4 tahun kuliah kita hanya menambah angka pengangguran, boro-boro memberi lapangan pekerjaan.

Ada dua kelompok besar golongan manusia, menjadi bagian dari permasalahan atau menjadi bagian dari solusi. Sekarang ingin menjadi yang manakah diri kita ini?…Mau sampai kapan kita terjebak dalam kebanggaan dan arogansi sebagai mahasiswa ITB tanpa suatu karya yang nyata bagi bangsa dan negara?…Mungkin hanya segelintir mahasiswa ITB yang menyadari hal ini, mungkin juga hanya pandangan saya saja yang subyektif. Bila memang pandangan ini benar, marilah kita mulai berubah, mulai dari diri kita masing-masing, tidak perlu saling menunjuk. Bila memang dirasa pandangan ini salah, maka marilah kita jadikan acuan agar jangan sampai pandangan-pandangan kritis ini menjadi kenyataan. Sudah waktunya kita bergerak dan menjadi bagian dari solusi.

Ayo tanggalkan arogansi kosong yang mungkin melekat secara disadari atau tidak disadari. Tidak sedikit prestasi yang telah ditorehkan mahasiswa ataupun alumni kampus gajah ini, namun tidak sedikit juga individu-individu yang hanya terjebak dalam arogansi hingga menghambat inovasi-inovasi kreatif.

Jangan sampai kurungan arogansi membuat civitas Ganesha kehilangan kreativitas untuk berinovasi.

Sebab kurungan tidak akan dapat mengubah burung garuda menjadi burung kakaktua.

Salam Ganesha ! Bakti kami untukmu, Tuhan, Bangsa dan Almamater ! Merdeka!


Actions

Information

One response

7 08 2010
yeris

Izin Copas ya kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: