Indonesia Tidak Pernah Dijajah Belanda…

17 08 2010

Saat-saat ini…65 tahun yang lalu…mungkin suasana tidaklah sedamai yang kita alami saat ini. Ketegangan memuncak dalam individu-individu pelaku sejarah pencetus proklamasi kemerdekaan Indonesia.

17 Agustus 1945, tanggal ini menjadi pengingat awal tonggak berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia. Akhir dari era kolonialisasi Indonesia oleh bangsa asing. Kolonialisasi…atau yang akrab kita dengar sebagai penjajahan.

Sejak dari SD hingga SMU dalam setiap buku mata pelajaran Sejarah yang membahas mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia selalu dicantumkan bahwa bangsa Indonesia telah mengalami penjajahan selama 3,5 abad oleh Belanda, serta 3 tahun oleh Jepang. Namun, apa benar itulah yang terjadi??

Menurut penelusuran saya dalam beberapa sumber, beberapa ahli sejarah Indonesia mengungkapkan bahwa Indonesia TIDAK PERNAH DIJAJAH Belanda selama 350 tahun. Bila ditelusuri lebih lanjut, angka 350 tahun dihitung sejak Belanda pertama kali mendarat di nusantara, 1596, hingga saat Belanda dikalahkan Jepang pada 1942, atau lebih tepatnya sekitar 346 tahun.

Faktanya, pada 1596 Belanda pertama kali mendarat di nusantara dengan tujuan berdagang. Belanda pertama kali mendarat di Indonesia di bawah komando Cornellis De Houtman. Namun pada saat itu Belanda gagal mendapatkan izin dagang. Belanda baru resmi mulai berdagang di Batavia tahun 1602, ditandai dengan berdirinya kantor pusat VOC di Batavia.

Mulai saat itu, Belanda mulai mencoba untuk menguasai nusantara, namun seiring berjalannya waktu perlawanan dari penguasa-penguasa lokal pun bermunculan. Menurut para ahli sejarah pendudukan Belanda atas daerah-daerah di Indonesia tidak dapat digeneralisasi, berbeda-beda untuk masing-masing daerah. Bahkan, hingga awal 1900-an, masih cukup banyak daerah-daerah di nusantara yang masih bebas dari pengaruh Belanda.

Setelah masa itu, baru kemudian hampir seluruh nusantara dikuasai atau setidaknya terpengaruh oleh kolonialisasi Belanda. Oleh karena itu, satu catatan penting yang perlu ditambahkan dalam catatan sejarah Indonesia.

Belanda TIDAK PERNAH MENJAJAH Indonesia selama 350 tahun…Belanda memBUTUHkan 300 TAHUN untuk menguasai Indonesia…

Selamat ulang tahun negeriku…selamat merayakan hari kemerdekaan yang ke-65 tahun. 17 Agustus 2010, waktunya Indonesia bertransformasi menjadi bangsa yang maju, menjadi bangsa yang unggul, seperti yang dicita-citakan para bapak bangsa kita…saatnya kita, generasi penerusnya, untuk meneruskan perjuangan mereka…

Terimakasih negeriku Indonesia…terimakasih para pejuang yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan demi kemerdekaan ini…kini saatnya kami, generasi penerusmu, untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita kalian untuk membawa bangsa ini menjadi lebih baik.

Dirgahayu Indonesia

Merdeka!!



Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: