Final Suzuki AFF Cup 2010…Komersialisasi PSSI?…

24 12 2010

Suzuki AFF Cup 2010. 1 bulan terakhir gegap gempita gelaran akbar sepakbola Asia Tenggara ini begitu mendominasi dan menguras fokus dan antusiasme masyarakat. Tidak hanya para masyarakat kelas bawah dan menengah, bahkan jajaran petinggi istana negara pun tak luput dari euforia penampilan yang luar biasa dari tim nasional Indonesia di bawah asuhan Alfred Riedl.

Sejauh ini Indonesia telah melalui 5 partai dengan sempurna. Meraih 5 kemenangan dari 5 pertandingan serta melesakkan 15 gol dan hanya kebobolan 2 gol.

Antusiasme para penggila bola tanah air pun disadari atau tidak membludak secara luar biasa.

Dukungan segenap anggota masyarakat terhadap tim nasional Garuda ini sangat luar biasa. Tidak setiap tim nasional beruntung memiliki suporter fanatik yang begitu luar biasa, apalagi untuk sekelas tim nasional dengan peringkat FIFA di atas 100 besar. Dalam setiap laga tim nasional pada piala AFF di Stadio Gelora Bung Karno, dapat dipastikan 90% kapasitas stadion terisi penuh, sementara dapat kita bandingkan dengan saudara serumpun kita, Malaysia, yang dalam partai kandang Semifinal menghadapi Vietnam, Stadion Bukit Jalil “hanya” terisi 50-60%.

Namun, ironisnya di tengah antusiasme dan “keberuntungan” memiliki suporter yang begitu luar biasa, muncul isu kurang sedap, bahwa hal positif ini dikomersialisasikan oleh badan tertinggi sepak bola nasional, PSSI. Memang hanya sekedar wacana dan guyonan omong kosong, namun setidaknya masyarakat bukannya berbicara tanpa dasar.

Final yang diadakan “home-away” membuat kita dapat membandingkan sikap “komersial” antara kedua pengelola di kedua negara. Final 1st Leg Malaysia vs Indonesia yang dihelat di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, dibandingkan dengan final 2nd Leg Indonesia vs Malaysia yang dihelat di Stadio Gelora Bung Karno, Jakarta.

Variasi tiket leg-1 Malaysia vs Indonesia

Kategori Tiket Harga
Anak-anak < 12 tahun 5 Ringgit (Rp 14.500,00)
Teras 30 Ringgit (Rp 87.000,00)
Grandstand 50 Ringgit (Rp 145.000,00)

Variasi tiket leg-2 Indonesia vs Malaysia

Kategori Tiket

Harga

VVIP

Rp 1.000.000,00

West VIP

Rp 500.000,00

East VIP

Rp 350.000,00

Category I

Rp 250.000,00

Category II

Rp 150.000,00

Category III

Rp 75.000,00 (terakhir diralat menjadi Rp 50.000,00)

Bisa dilihat dari fakta diatas betapa “jomplang”nya harga tiket final di Malaysia dengan di Indonesia. Ada apa dibalik semua itu? Mengapa untuk event yang sama, prestisius partai yang sama, penyelenggara yang sama, harga tiket yang dijual bisa berbeda sebegitu jauh? Mungkin hanya Tuhan dan internal PSSI yang tahu alasannya.

Semoga antusiasme masyarakat dalam mendukung tim nasional Indonesia dapat dipandang sebagai suatu keberuntungan, karena kita memiliki “pemain ke-12” yang luar biasa, jangan hanya dipandang sebagai suatu keberuntungan ekonomis.

Garuda di dadaku. Garuda kebanggaanku. Kumau hari ini pasti menang.



Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: